asal usul graffiti

Agan agan semua pasti udh tau kan yg namanya graffiti(gravity) seni tulisan yg rumit dan indah, yg biasanya kita liat d tmbok2 . Ane mau share sdkit gan tentang asal usul graffiti

Graffiti sempet booming d indonesia tahun 2006an, saat itu graffiti jdi trend d kota2 besar jakarta. Banyak crew2 graffiti yg tenar krna hasil karya mereka yg indah dan berseni tinggi .Grafiti (grafitty atau grafitti) adalah kegiatan seni rupa yang menggunakan komposisi warna, garis, bentuk dan volume untuk menuliskan kalimat tertentu di atas dinding. Alat yang digunakan biasanya cat semprot kaleng atau pilok.

Grafiti pertama ada di Pompeii. Grafiti ini mengandung tulisan rakyat yang
menggunakan bahasa Latin Rakyat dan bukan bahasa Latin Klasik. Kebiasaan melukis di dinding bermula dari manusia primitif sebagai
cara mengkomunikasikan perburuan. Pada masa ini, graffiti digunakan sebagai sarana mistisme dan spiritual untuk membangkitkan semangat berburu. Perkembangan kesenian di zaman Mesir kuno juga memperlihatkan aktivitas melukis di dinding-dinding piramida.
Lukisan ini mengkomunikasikan alam lain yang ditemui seorang pharaoh (Firaun) setelah dimumikan. Pas jaman kekaisaran romawi, graffiti mulai d jadikan sarana untuk mengekspresikan jiwa kita, untuk mengritik pemerintahan, dn kegiatan agama lainnya.
Graffiti d jaman skrg udh bener2 sarana utk mengapresiasikan apa yg d rasakan, mulai dari kritikan, rasa jatuh cinta, rasa tertekan, d tumpahin melalui graffiti. contohnya tembok berlin, pemisah jerman barat dan timur, penuh dgn graffiti yg berupa kritikan sosial.
semakin kesini, nilai seni graffiti semakin tinggi, mungkin karena smkin berkembangnya dunia art, ga terkecuali indonesia. Meskipun nilai seninya sangat tinggi, graffiti d anggap merusak keindahan kota. malah ada beberapa kota d amerika yg mengilegalkan graffiti. Bombing sebutan untuk aksi pembuatan graffiti, d anggap tindakan kriminal, dan bomber sebutan untuk pembuat, dpt d kenai sanksi hukuman.
graffiti sendiri d bagi jdi 2 yaitu:

Gang grafiti
Yaitu grafiti yang berfungsi sebagai identifikasi daerah kekuasaan
lewat tulisan nama gang,
gang gabungan, para anggota gang, atau tulisan tentang apa yang
terjadi di dalam gang itu.

Tagging graffiti
Yaitu jenis graffiti yang sering dipakai untuk ketenaran seseorang
atau kelompok. Semakin banyak graffiti jenis ini bertebaran, maka
makin terkenallah nama pembuatnya. Karena itu grafiti jenis ini
memerlukan tagging atau tanda tangan dari pembuat atau bomber-nya.
Semacam tanggung jawab karya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: